Assalamualaikum..Salam sejahtera..Selamat datang di blog saya!Bila ingin copas harap cantumkan kode url blog saya ya ^_^ Ouh ya jangan percaya ya readers bila ada pihak-pihak yang mengatasnamakan blog ini karena BLOG INI TAK PERNAH MEMPUNYAI AKUN-AKUN JUALAN, PINJAMAN,DAN INVESTASI.TELITI LEBIH JAUH KOMENTAR PADA BLOG SAYA YA THX
Blowing In The Wind Pink And Green Flower

Jumat, 14 November 2014

Bahaya Plastik

| | 0 komentar
Memang sulit melepaskan diri dari pengaruh plastik yang sulit didaur ulang ini. Jumlahnya sudah tahap mengkhawatirkan. Mulai sekarang,ayo kita berpikir dua kali sebelum memakai plastik .

1
Sumber:tribunnews
Diantara produksi plastik, kantong plastik yang paling banyak menyumbang kerusakan buat lingkungannya. Tidak hanya karena dia membuat sampah didaratan,tetapi juga menyebabkan banjir karena sering menyumbat di pipa saluran air dan pembuangan.
2
Sumber:Wikipedia
Plastik jadi salah satu polusi dan ancaman bagi ekosistem di laut. Banyak hewan-hewan laut menelan sisa-sisa plastik karena mengira itu makanan. Albatrose sering mengira plastik adalah cumi-cumi. Sementara kura-kura sering menelan plastik,mereka mati karena plastik yang menyumbat disaluran pencernaan. Green Peace menyatakan sekitar 267 binatang laut mati karena salah pencernaan,dan 90% akibat menelan sisa-sisa plastik. Hiks!
3
Penggunaan plastik semakin lama semakin banyak loh!. Rata-rata setiap orang Amerika dan Eropa menggunakan sekitar 100kg plastik per tahun. Sementara Asia rata-rata setiap orang menggunakan sekitar 20kg pertahun. Jumlah ini diperkirakan akan bertambah jadi 140kg tiap orang ditahun 2015.
4
Sumber:Camelbak
Proses pembuatan botol plastik juga sangat menghabiskan energi. Untuk membuat satu botol plastik menghabiskan 3-5 liter air. Dalam setahun pabrik botol plastik sudah membuang sekitar 2.500.000 ton Co2. Kebayang ya, betapa banyak polusi udara yang sudah dihasilkan?Makanya daripada membeli minuman dari botol plastik,kita bawa aja sendiri botol minuman atau tumbler dari rumah.
5

Sumber:Ramesia
Selain kantong plastic, botol plastik minuman juga menyumbang sampah paling banyak loh!. Rata-rata setiap orang menggunakan sekitar 168 botol plastik setiap tahunnya. Setiap hari 100 juta botol plastik digunakan diseluruh dunia. Sekitar 86% botol plastik yang ada masih di-recycle da ada sekitar 1500 botol berakhir dilautan setiap detiknya!
6
 Sumber:theguardian
Plastik adalah sampah yang sangat berbahaya! Ketika didaur ulang,kandungan racun petro-polymersnya masuk kedalam tanah dan air. Dalam jangka panjang.racun ini masuk dalam partikel-partikel kecil dan ikut ada dalam jalur rantai makanan manusia. Secara enggak langsung kita menelan plastik juga kan?
7
Sumber:Motleynews 
Saking banyaknya sampah, terutama plastik akan mengapung dilautan,akhirnya muncullah Pacific Trash Vortex atau dikenal juga dengan sebutan The Great Pacific Garbage Patch. Ini merupakan kumpulan sampah yang membentuk semacam pulau-pulau kecil dilautan Pasifik. Jumlahnya ada beberapa dan setiap kumpulan terdiri dari sampah yang mengapung. Lagi-lagi sampah yang paling banyak adalah plastik. Ukurannya berkisar 700.000 km2 hingga 15.000.000 km2. Ada yang memperkirakan kalau kedua pulau sampah iyu digabung menjadi dua kali lebih luas dari benua Amerika!Hih serem…
8
Bahan dasar botol plastik adalah bisphenol-A atau BPA. BPA ini juga sering digunakan untuk membuat wadah-wadah plastik untuk kemasan makanan. Ketika plastik berkali-kali dicuci akan mengurai racun yang berbahaya untuk tubuh. Beberapa negara sudah melarang penggunaaan bahan yang mengandung BP,untuk kemasan botol minum. Nah cek!apa botol minuman kamu BPA-free.

0 komentar :

Posting Komentar

.

.

.

.
Diberdayakan oleh Blogger.